Realisasi Proyek Membangun Harapan Di Tengah Rimba

Alhamdulillah Proyek Taman Baca Baraoi - Membangunkan Harapan Di Tengah Rimba yang di fasilitasi oleh Kitabisa.com berjalan lancar dan sukses menggalang donasi sesuai target. Sesuai rencana setelah serah terima hasil donasi dari Kitabisa.com ke pengelola Taman Baca Baraoi, tim langsung mengalokasikan dana sesuai peruntukannya yakni sebagai berikut :


1. Sewa tempat
Saat ini Taman Baca Baraoi telah menempati lokasi baru yaitu sebuah rumah milik masyarakat yang di kontrakan dengan biaya Rp 3 juta/ 6 bulan. Menggunakan sebagian dana tersebut kontrak tempat priode Maret - Agustus 2015 telah dilunasi.


Kini pengunjung dan anggota Taman Baca Baraoi bisa lebih nyaman membaca buku. Tidak hanya itu, dengan adanya tempat baru ini beberapa program ekstra seperti belajar mengetik atau mengoprasikan laptop program Ms Word dan Ms Excel, nonton bareng film inspiratif dan pelatihan life skill menjadi lebih mungkin dilaksanakan. Hanya tinggal melengkapi sumber energi listrik (Ginset/paket panel surya) serta sarana penunjang seperti laptop, stavolt dan sebagainya. 

2. Alas duduk (Tikar/Karpet/Playmat)
Saat ini kami baru bisa menyediakan tikar plastik/karpet sebagai alas duduk, mengingat harga selisih harga playmat lumayan jauh belum lagi biaya angkut ke lokasi Taman Baca. Meski demikian, pengunjung sudah jauh lebih nyaman beraktivitas di ruang baca dengana danya alas duduk ini. 

Alas duduk membuat aktivitas secara lesehan menjadi lebih nyaman terutama bagi anak-anak yang ingin membaca dan berkreatifitas. 

3. Rak Buku
Akses jalan yang sulit dilalui membuat biaya angkut rak buku menjadi sangat besar hampir setara dengan harga rak buku itu sendiri jika membelinya di kota terdekat. Karenanya untuk menekan biaya tanpa mengurangi fungsi dan tujuannya kami pengelola berinisiatif untuk membuat rak buku tersebut. Dengan cara ini biaya yang diperlukan hanya pembelian bahan kayu papan dan rangka serta upah tukang. Saat ini sudah ada dua rak buku yakni satu rak berdiri (standing) dan 1 rak tempel yang terbuat dari kayu.

Dua buah rak ini masih belum cukup menampung seluruh buku koleksi Taman Baca Baraoi, karenanya paling tidak kami akan membuat satu buah rak buku lagi dalam waktu dekat.
4. Meja lipat
Karena terkendala mobilisasi, saat ini 8 buah meja lipat yang telah di beli belum terangkut ke lokasi Taman Baca Baraoi, sementara meja lipat ini masih ada di posko Taman Baca Baraoi di Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala - Kalimantan Selatan.

Rencananya meja lipat berbahan kayu ini akan di angkut setelah lebaran bersamaan buku-buku hasil sumbangan dari donatur.

Rincian penggunaan dana
Kegiatan
Biaya
Keterangan
Sewa Tempat
Rp. 3.000.000,-
6 Bulan
Rak Buku
Rp.    600.000,-
2 x @ Rp 300.000,-
Meja lipat
Rp.    400.000,-
8 x @ Rp 50.000,-
Alas duduk
Rp.    500.000,-
1 roll
Mobilisasi/transport
Rp.    500.000,-

Pembuatan spanduk dan stiker ucapan terimakasih
Rp.    150.000,- 
Spanduk uk 1 x 2 m dan stiker +/- 100 lembar
Pengadaan dan biaya pengiriman hadiah ucapan terimakasih untuk donatur
Rp.  450.000,-

(estimasi/perkiraan)
Total
Rp 5.600.000,-







Sesuai kesepakatan pengelola, setiap terdapat sisa dana hasil proyek penggalangan dana akan disimpan di kas Taman Baca Baraoi untuk mendukung program-program lain yang akan dilaksanakan berikutnya.