Gramedia Reading Community Competition 2016

Taman Baca Baraoi - Bulan April 2016 lalu Taman Baca Baraoi mencoba mengikuti kompetisi komunitas baca 2016 yang diselenggarakan oleh Gramedia. Pada awalnya sempat ragu-ragu karena kompetisi ini berlaku nasional jadi seluruh komunitas baca yang ada di Indonesia boleh mendaftar. 

Jika dibandingkan dengan Taman Baca Baraoi yang belum genap dua tahun, di luar sana tentu banyak komunitas baca yang sudah lama berdiri, dengan beragam agenda besar dan kepengurusan yang terorganisir dengan baik serta telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap dunia pendidikan di Indonesia .

Kompetisi yang dibuka 1 Maret - 31 Mei 2016 ini diikuti 815 komunitas. Oh ya, tidak semua yang mendaftar adalah komunitas yang mewakili Taman Baca, atau komunitas baca. Komunitas umum yang "care" terhadap dunia pendidikan juga diperkenankan mendaftar di kompetisi ini.

Tanggal 10 Juni 2016 kemarin akun twitter resmi Gramedia Reading Community 2016 (@GRCC2016) mengumumkan 120 komunitas yang telah lolos seleksi tahap 1 (seleksi essai). Alhamdulillah Taman Baca Baraoi adalah salah satunya, dan kalau tidak salah Taman Baca Baraoi menjadi satu-satunya perwakilan komunitas yang lolos yang berasal dari Kalimantan.

Semoga saja Taman Baca Baraoi bisa menjadi salah satu dari 4 finalis yang akan mendapatkan  Development Funding. Tapi yang lebih penting dengan mengikuti kompetsi ini Taman Baca Baraoi bisa lebih termotivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat khususnya dalam bidang literasi.

Daftar 120 Komunitas yang lolos seleksi tahap 1 GRCC2016  bisa download disini