Tiwah Masal 2016 Desa Tumbang Manggu - Kabupaten Katingan

Upacara ritual Tiwah merupakan salah satu ritual keagamaan kepercayaan Suku Dayak Kalimantan Tengah khususnya yang beragama Hindu Kaharingan. Ritual ini biasanya digelar dengan tujuan mengantarkan roh suci leluhur menuju nirwana untuk menghadap Ranying Hattala Langit atau Yang Maha Kuasa. 
Ritual ini merupakan even budaya yang sangat unik dan tidak dijumpai di negara-negara lain, sehingga wajar jika pemerintah daerah menjadikan Upacara Tiwah Masal sebagai salah satu destinasi wisata budaya yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 
Jika sebelumnya dilaksanakan di Desa Tewang Rangas, upacara adat Tiwah masal tahun 2016 ini di selenggarakan di Desa Tumbang Manggu Kecamatan Senaman Mantikei Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. 
Prosesi yang dapat menghabiskan dana  milyaran ini telah ditetapkan sebagai even tahunan sebagaimana mana yang dituturkan oleh Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie. Upacara tiwah masal di Tumbang Manggu diikuti  oleh 45 kepala keluarga dan 74 kerangka yang akan disucikan dan di pindahkan ke sandung.
Bagi anda yang belum sempat melihat langsung prosesi Tiwah Masal di Desa Tumbang Manggu (2/6/2016) bisa melihat galeri atau kumpulan foto acara tersebut yang diabadikan oleh fotografer Donny Sophandi.






















Bagaimana, unik bukan ?. Sebuah kekayaan budaya yang seyogyanya harus dijaga dan dilestarikan.