Tumbang Samba Pusat Perekonomian Hulu Katingan

TumbangBaraoi.com - Salah satu pusat perekonomian penting khususnya bagi masyarakat hulu Katingan adalah Tumbang Samba. Sebenarnya daerah yang masuk kedalam wilayah administratif Kecamatan Katingan Tengah ini merupakan daerah yang mencakup empat desa yakni Samba Danum, Samba Bakumpai, Samba Katung dan Samba Kahayan. 
Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Katingan Tahun 2016, penduduk Tumbang Samba tercatat lebih dari tiga belas ribu jiwa atau hampir separuh dari jumlah total penduduk Kecamatan Katingan Tengah. 
Pasar Tumbang Samba, Sentra Perekonomian daerah hulu Katingan

Di kota kecamatan inilah pusat perekonomian bagi kawasan hulu Katingan berlangsung setiap harinya. Pasar Tumbang Samba sebagai sentra perekonomian tidak hanya menyediakan sayur-mayur dan barang kebutuhan pokok tetapi berbagai barang kebetuhan lain seperti perlengkapan pertanian, nelayan, penambang emas, perlengkapan rumah tangga hingga barang-barang elektronik.

Tumbang Samba
Bagi sebagian daerah hulu, perjalanan menuju Tumbang Samba bisa ditempuh melalui jalan darat baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun bagi sebagian daerah lainnya hanya bisa ditempuh menggunakan moda transportasi air menggunakan perahu motor atau kelotok.
Ferry Penyeberangan Tumbang Samba

Selain menjadi titik nadi perekonomian, Tumbang Samba juga merupakan titik transit bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke kecamatan atau desa yang terletak di hulu. Khususnya bagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi air. Karena di sinilah mereka bisa menemukan taksi perahu motor tersebut. Perahu-perahu motor tersebut biasanya berangkat pagi-pagi buta, oleh karena itu biasanya para pemilik taksi biasanya menunggu calon penumpang di lokasi-lokasi penginapan atau losmen. Tamu-tamu losmen yang menginap akan ditanya kemana tujuan dan ditawarkan jasa taksi, jika sepakat, pagi keesokan harinya mereka akan diingatkan ketika taksi akan berangkat.

Ada banyak penginapan atau losmen di daerah ini, harganyapun bervariasi namun pada umumnya relatif terjangkau. Tetapi jangan samakan dengan losmen-losmen di kota karena kamar dan fasilitas losmen di sini sangat sederhana. Sebagai contoh kamar dengan fasilitas satu bed + kipas angin dan kamar mandi umum biasanya ditarif antara 40 - 60 ribu rupiah.