Program Edukasi Lingkungan Taman Baca Baraoi

Tumbang Baraoi - Sebagai salah satu pusat pendidikan informal Taman Baca Baraoi memiliki peranan penting dalam mendidik dan memfasilitasi pengembangan keterampilan masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di sekitar TBM. 
menanam pohon di hari pohon


Salah satu fokus Taman Baca Baraoi selain menyelenggarakan kegiatan Literasi dan Program Pelatihan Keterampilan adalah Program Edukasi Lingkungan. Program ini merupakan wujud kepedulian terhadap kelestarian flora tanaman buah lokal khususnya endemik Kalimantan yang kini keberadaannya semakin tersingkirkan. 
Menanam pohon untuk remaja

Program ini melibatkan anak-anak usia Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam prosesnya anak-anak (kader) tidak hanya diberikan pengetahuan mengenai pentingnya konservasi tanaman buah lokal endemik tetapi juga dilibatkan langsung dalam kegiatan pembibitannya. 
edukasi lingkungan pada anak sekolah
Saat ini ada puluhan bibit tanaman buah lokal yang sudah berhasil dibibitkan. Tanaman tersebut didominasi oleh Tenggaring (Nephelium ramboutan-ake) yang dikenal juga dengan sebutan Kapulasan. Beberapa tanaman buah lokal lain antara lain Pampakin (Durio kutejensis), Pilang (Artocarpus sp), Salak hutan, Tanggu (sejenis duku/langsat), dan cempedak.

Meski masih sedikit, langkah ini diharapkan dapat menjadi titik awal untuk mencapai tujuan program ini, yaitu bisa turut andil dalam pelestarian lingkungan khususnya tanaman buah lokal yang ada di Kalimantan terutama yang ada di lingkungan Taman Baca Baraoi.