Membuat Mainan Gendang Balon

Taman Baca Baraoi - Mainan anak tidak harus mahal. Banyak benda-benda yang sudah tidak terpakai bisa disulap menjadi mainan si kecil. Tidak hanya bisa meringankan kantong, mainan-mainan yang dibuat menggunakan bahan-bahan tidak terpakai ini juga bisa melatih kreatifitas. 

cara membuat mainan alat musik
Gendang Balon

Cara Membuat Mainan "Gendang Balon"
Salah satu mainan sederhana untuk si kecil adalah "Gendang Balon". Mainan meyerupai alat musik gendang ini dulunya sering dibuat namun saat ini sudah mulai terlupakan, tergantikan dengan mainan dari pabrik bahkan ironis lagi mainan anak sudah tergantikan oleh ponsel pintar.

Cara membuat mainan ini sangat sederhana cukup siapkan gelas kecil dan bekas balon (balon yang telah meletus) dan karet gelang. Bekas balon ini kemudian direntangkan menutupi mulut gelas sehingga menjadi membran atau selaput gendang. Agar tidak mudah lepas sisi-sisi balon/membran tadi diikat menggunakan karet gelang.

Membuat mainan anak-anak
Cara memainkannya pun sangat mudah. Membran tadi cukup "dicubit" maka mainan ini akan menghasilkan bunyi. Untuk menghasilkan bunyi yang berbeda-beda buatlah gendang balon dengan membran yang agak kencang dan agak kendor.  Semakin kencang membrannya maka semakin melenting bunyi yang dihasilkan. 
Mainan dari barang bekas
Selain di "cubit" mainan ini juga bisa dimainkan seperti menggunakan mikrofon. Dekatkan "Gendang Balon" ke mulut dan ucapkan beberapa kata. Membran gendang yang tipis akan bergetar (beresonansi) sehingga akan menghasilkan efek suara yang unik. Biarkan anak/balita bermain dengan "mikrofon" ini untuk melatih vokal atau berbicara. Namun tetap dalam pengawasan orang yang lebih tua.

Punya ide mainan lain?, mari berbagi melalui  komentar !