Membuat Resensi Novel

Beberapa diantara kamu mungkin belum tahu bahwa istilah Resensi berasal dari bahasa Belanda, yaitu Retentie yang artinya kupasan atau pembahasan.  Sehingga resensi dapat diartikan sebagai kupasan atau pembahasan buku, film, atau drama yang biasanya dimuat di media masa misalnya surat kabar atau majalah.
Cara menulis resensi novel

Membuat resensi tidaklah terlalu sulit. Berikut hal yang sebaiknya kamu ketahui sebelum menyusun sebuah resensi buku/ novel :
a. Ada data buku
Data buku yang sebaiknya harus ada yaitu nama pengarang, penerbit, tahun terbit dan tebal buku atau jumlah halaman buku.

b. Ada pendahuluan
Pendahuluan dapat diisi dengan perbandingan karya tersebut dengan sebelumnya. Dapat pula berisi tentang biografi pengarang, atau hal yang berkaitan dengan tema dan isi.

c.  Ulasan singkat buku
Sebagian pembaca resensi mungkin belum  membaca buku yang diresensi, oleh karenanya perlu adanya ulasan singkat mengenai buku yang diresensi.

d.  Ada manfaat
Resensator (pembuat resensi) harus dapat menentukan untuk siapa atau dalam rangka keperluan apa resensi itu dibuat agar dapat memberikan manfaat dan tepat sasaran. 

Cara membuat resensi 
Beberapa resensator mungkin punya ciri khas sendiri dalam menyusun resensi. Namun bagi kamu yang baru pertama kali membuatnya bisa mengikuti langkah-langkah cara menyusun resensi berikut :

  1. Baca dan pahami isi buku yang akan diresensi. Hal ini menuntut resensator  punya pengetahuan yang memadai  terutama yang ada hubungannya dengan isi buku yang akan diresensi. 
  2. Sampaikan bagaimana fisik buku, seperti  judul, pengarang, harga buku, penerbit dan tahun terbit serta jumlah halaman buku.
  3. Gambarkan isi buku secara keseluruhan bab per bab termasuk maksud dan tujuan penulisan buku.
  4. Berikan ulasan atau kritikan mengenai fisik buku, baik dari segi redaksi, desain grafis, tampilan (lay-out) maupun covernya.
  5. Berikan pendapatmu tentang kelebihan dan kelemahan isi buku.  Untuk buku fiksi bisa di ulas masalah unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.
  6. Ajak pembaca untuk turut membaca buku yang diresensi pastikan kamu juga menyampaikan manfaat yang akan mereka peroleh dengan membaca buku tersebut.


Bagaimana, siap membuat resensi ?