Cara Membuat Mainan Kincir Angin dari Daun Kelapa

Tumbangbaraoi.com - Cara membuat mainan kincir angin dari daun kelapa berikut barangkali dapat bermanfaat untuk ayah yang menemani putera dan putrinya bermain di luar, untuk paman yang ingin lebih dekat dengan keponakan atau sang kakak agar terlihat istemewa di hadapan adik-adiknya, atau siapa saja yang memerlukan keterampilan sederhana yang jarang dimiliki oleh anak-anak di jaman ini.
Kincir angin dari daun kelapa
Bermain Kincir Angin dari Daun Kelapa
Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang diberi julukan pohon 1000 manfaat. Karena begitu banyaknya manfaat dari pohon ini mulai dari akar, batang, bunga, buah, pelepah, upih, daun, hingga tulang daunnya. Tidak hanya untuk keperluan rumah tangga, dan keperluan pokok lainnya, beberapa bagian pohon kelapa juga banyak digunakan sebagai bahan atau alat untuk membuat mainan. Salah satunya yaitu Mainan Kincir Angin atau Baling-Baling yang akan kita bahas berikut ini.

Cara membuat mainan dari daun kelapa
Mainan sederhana dari daun kelapa
Memisahkan anak-anak dari gadget di jaman sekarang tidaklah mudah. Sehingga tidak sedikit yang menganggap anak-anak  jaman sekarang cenderung "introvert" dan kehilangan kreatifitas, berbeda dengan anak-anak tahun 80-90an yang lebih banyak bersosial dan berkreatifitas tanpa dihambat oleh namanya gadget. 
Baling-baling daun kelapa
Kincir Angin Mainan dari Daun Kelapa
Salah satu cara untuk mengurangi anak kecanduan gadget agar tidak kehilangan daya kreatifitas dan sosialnya adalah dengan mengajaknya bermain "outdoor". Misal main piknik-piknikan sembari melakukan beragam aktivitas yang dapat mengasah daya pikir dan daya kreatif. Contohnya dengan membuat mainan-mainan sederhana dari bahan-bahan yang terdapat disekitar seperti daun kelapa.

Video Youtube : Cara Membuat Kincir Angin dari Daun Kelapa 

Membuat Kincir atau baling-baling angin dari daun kelapa sangat mudah, caranya siapkan daun kelapa yang masih utuh lengkap dengan lidi (tulang daun), gunting atau cutter (bahkan tanpa inipun tetap bisa), dan sedotan.
Cara membuat mainan dari daun kelapa
Mainan Dari Daun Kelapa
Cara membuatnya
1. Pisahkan helaian pita daun kelapa dari tulang daun atau lidinya
2. Lipat dua masing-masing helaian pita
3. Masukan salah satu lipatan helaian daun kedalam lipatan helaian daun yang lain
4. Masukan masing-masing ujung pita ke lubang yang terbentuk dari proses nomor 3
5. Rapikan, dan potong ujung-ujung kincir menggunakan gunting atau cutter agar lebih rapi
6. Tusuk dengan menggunakan lidi atau tulang daun sehingga berfungsi sebagai poros atau as 
7. Ukur sedotan, dan potong sesuai panjang poros atau as baling-baling
8. Kincir angin dari daun kelapa, sudah siap dimainkan. Untuk lebih detail bisa lihat panduannya di video youtube.