Membuat Miniatur Motor Dari Korek Api Bekas

Tumbangbaraoi.com - Membuat Miniatur Motor keren dari korek api bekas tidak hanya dapat membuat "sampah" menjadi sesuatu yang berguna, tetapi juga memiliki banyak nilai plus di antaranya, bisa mengisi waktu senggang dengan kegiatan positif, mengasah kreatifitas, dan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan jika ditekuni dengan serius.
Mainan dari korek api gas
Miniatur Motor dari Korek Api Bekas
Cara membuat miniatur motor dari korek api yang sudah tidak terpakai ini sebenarnya sudah diperkenalkan sekitar tahun 2013 lalu. Salah satu blog yang menulis tutorialnya adalah www.arief-just4fun.blogspot.co.id, namun admin sendiri pertama kali menemukannya melalui media sosial, yang waktu itu di share dari Kaskus.
membuat Miniatur motor balap dari barang bekas
Alat dan Bahan untuk membuat miniatur motor dari korek api gas

Setelah sekian lama di simpan, termasuk bahan dan print out cara pembuatannya, baru beberapa hari yang lalu bisa di praktekin. Meski sedikit kurang rapi karena untuk pertama kalinya, dan hanya dipandu tutorial berupa print out, tanpa melihat video, miniatur motornya jadi juga.

Bagi kawan-kawan yang punya banyak korek gas atau korek api bekas bisa, tidak ada salahnya dicoba.

Tutorial Cara Membuat Miniatur Motor Dari Korek Api Bekas
1. Untuk membuat sebuah miniatur motor, setidaknya diperlukan 2 buah korek api gas, namun disarankan persiapkan lebih untuk berjaga-jaga. Siapkan juga alat dan bahan pendukung seperti, cutter/ silet, gunting, dan lem korea atau alteko.
2. Bongkar korek api gas tersebut sehingga menjadi bagian-bagian seperti pada gambar
Miniatur Motor dari barang bekas
Bagian-bagian korek api gas
3. Bentuk body motor dari bahan yang ada seperti pada gambar. Oh, iya. Tidak semua korek api bekas cocok untuk dibuat miniatur seperti pada tutorial ini. Karena ada beberapa perbedaan bagian kepala korek api gas. Tetapi pada dasarnya, dengan sentuhan kreatifitas bahan-bahan ini tetap bisa dibentuk bahkan bisa lebih bagus dari yang dicontohkan di sini.

Kerajinan dari korek api bekas
Tahap 1

Manfaat korek api bekas
Tahap 2

membuat motor mainan dari korek api gas
Tahap 3
4. Jika body sudah selesai, bisa dilanjutkan dengan membuat stang.
Memanfaatkan limbah korek api
Memasang Stang Motor Mini
5. Jika stang juga sudah, lanjutkan memasang knalpot, roda dan "tebeng" depan. Knalpot bisa dibuat dari bahan sejenis logam berwarna kuning keemasan. Rekatkan pada bagian body dibawah jok dengan lem korea atau alteko. Sedangkan rodanya adalah besi yang digunakan untuk menyalakan pemantik.


sepeda motor mainan dari barang bekas
Contoh miniatur motor yang admin buat.

6. Tidak ada aturan baku dalam pembuatan miniatur sepeda motor ini. Banyak karya-karya lain yang awalnya mungkin mencoba tutorial dari blog www.arief-just4fun.blogspot.co.id ini, tetapi akhirnya melahirkan karya baru yang original, seperti motor skuter atau vespa, motor gede dan jenis miniatur motor lainnya. Semua berawal dari kreatifitas. Silahkan berimaginasi dan salurkan bakat dan kreatifitasmu. Selamat berkarya.