Taman Baca Baraoi Wakili Kalteng Terima Apresiasi Satu Indonesia Award 2017

Taman Baca Baraoi - Bangga, barangkali itulah salah satu kata yang mewakili perasaan kawan-kawan yang turut menjaga dan membesarkan Taman Baca Baraoi, salah satu rumah pustaka yang terletak di daerah hulu Kabupaten Katingan. Taman baca yang berdiri sejak 2014 lalu ini dipilih sebagai salah satu penerima apresiasi Satu Indonesia Award tahun 2017 mewakili Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk katagori pendidikan. 
Pemenang Satu Indonesia Awards Tingkat Provinsi 2017
Daftar Penerima  Apresiasi
Satu Indonesia Awards (SIA) Provinsi 2017

Satu Indonesia Award adalah salah satu ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh PT Astra Internasional Tbk, bagi generasi muda yang tidak kenal lelah memberikan manfaat bagi masyarakat di seluruh penjuru tanah air. Apresiasi diberikan sejak tahun 2010 kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang: Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan satu Kelompok yang mewakili lima kategori tersebut.

Jika ditahun-tahun sebelumnya, Satu Indonesia Award hanya memilih pemuda-pemudi penerima apresiasi tingkat nasional, maka di tahun 2017 ini, Satu Indonesia Award mengadakan seleksi di tingkat provinsi untuk menentukan nama-nama penerima apresiasi. Ada 75 nama yang berhak menerima penghargaan tersebut dan satu di antara nama-nama tersebut adalah Muhammad Jumani, dengan Taman Baca Baraoi yang diinisiasinya. 

Meski terpilih menjadi salah satu penerima apresiasi, Ia bersama pengurus dan relawan mengaku tidak mau lupa daratan. Baginya, penghargaan tersebut hanyalah salah satu bentuk simbol kepercayaan masyarakat terhadap amanah yang dititipkan kepada mereka. Justru, apresiasi tersebut harus dapat menjadi pelecut asa untuk dapat berbuat lebih baik dan berkontribusi maksimal sebagai salah satu bagian dari gerakan membangkitkan kembali dunia literasi di Indonesia. 

Apresiasi ini kami persembahkan kepada seluruh relawan, dan donatur, yang telah menjadi bagian dari Taman Baca Baraoi. Terimakasih kepada masyarakat, khususnya Bapak Luhung, Kepala Desa Tumbang Baraoi, dan Bapak Kusuma Jaya, SE selaku Camat Petak Malai atas dukungannya dan tak terkecuali untuk PT Astra Internasional Tbk, yang melalui Program Satu Indonesia Awardnya, telah mempercayai kami sebagai salah satu penerima apresiasi.