Tradisi MOS dan OSPEK Serta Tebak-Tebakannya

Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk pelajar dan Orientasi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) untuk mahasiswa adalah sebuah "tradisi" tahunan yang digelar untuk menyambut atau menerima siswa/mahasiswa baru di sekolah ataupun kampus. Kegiatan MOS dan Ospek sebenarnya boleh-boleh saja selama dalam batasan yang wajar dan tidak melenceng dari tujuan pokoknya.


MOS dan OSPEK di Indonesia barangkali berbeda dengan di luar negeri, baik dari segi susunan acara, kegiatan maupun tempat pelaksanaannya. Di Indonesia salah satu "tradisi" MOS/Ospek yang nyaris tidak pernah ketinggalan adalah tebak-tebakannya. Bisa dibilang saat memasuki tahun ajaran baru, baik siswa maupun mahasiswa "heboh" mencari atau menemukan istilah tebak-tebakan yang diberikan oleh panitia pelaksana. 

Siswa dan Mahasiswa Baru harus memecahkan tebak-tebakan atau teka-teki untuk mengetahui perlengkapan atau barang apa saja yang harus dibawa saat MOS/Ospek nanti. Tebak-tebakan ini bisa berupa makanan, benda, atau minuman. Biasanya bagi yang salah dan tidak membawa barang yang dimaksud maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman dari panitia.

Cara menjawab atau memecahkan tebak-tebakan MOS sebenarnya susah-susah gampang. Umumnya tebakan adalah plesetan nama atau merk benda atau makanan/minuman. Sebagian tebak-tebakan merupakan benda, makanan atau minuman yang sering tampil di iklan terutama di TV. Beberapa diantaranya plesetan dari bahasa inggris, dan ada juga yang merupakan analogi karena bentuk dan fisiknya. 

Tebak-tebakan ini hampir selalu ada yang baru di setiap tahunnya, hal ini menuntut kreatifitas panitia dan tentunya juga peserta MOS dan Ospek untuk menemukannya.  Berikut beberapa tebak-tebakan MOS dan Ospek yang umum dan yang baru :




Istilah Tebakan MOS/OSPEK  Kemungkinan Jawaban
1. Minuman Bengkel
2. Susu Teman Tidur
3. Kerupuk cacar
4. Minuman Matematika
5. Snack Bohong
6. Minuman Bangsawan
7. Coklat Marshanda
8. Makanan Bintang Hebat
9. Biskuit Jerawat
10. Teletubies cari keringat
11. Coklat Ratu Perak
12. Minuman Kanibal
13. Gigi Balita
14. Air Mata Tiwas
15. Keripik Cinta
16. Chiki Agnes mo
17. Chiki Sexi Lips
18. Air minum banci
19. Makanan dua huruf
20. Buah tragis
21. Snack 3 planet
22. Telmitatesi
23. Snack Lapar
24. Tongkat Cherybell
25. Gelembung ketawa
26. Kecap kebangsaan
27. Minuman senang
28. Kue waktu bagus
29. Permen cinta monyet
30. Kacang bahasa arab
31. Kandidat ayam
32.  Sesat 4 Sehat 5 Sempurna
33. Kertas Pikiran Rakyat
34. Kacang hulk
2 tang
Susu Bantal
Peyek/rempeyek
Air minum Prima
Snack Lays
Royal Jelly
Cha cha
Stars
Choco chips
Pocari sweat
Silver queen
Nutri sari
Susu
Minyak sawit
Minori
Chitato
Chuba snack
Aquaria
Kerupuk udang
Apel malang
Snack French fries 2000
Telur, Mie, Tahu, Tempe, Nasi
Snickers
Berry good
Soda gembira
Kecap nasional
Happy juss
Good time
Golia
Abu nawas
Telur
Semua Satu Makanan 4 sehat 5 sempurna
Kertas Koran Pikiran Rakyat
Kacang hijau

Nah demikian beberapa tebakan mos/ospek yang umum di ajukan oleh panitia, semoga tidak banyak berbeda di tahun 2015 ini. Kalau ada yang baru boleh di share disini !