Rumah Anggrek SMAN 1 Petak Malai

Sebagai negara yang tercatat memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia setelah Brazil, Indonesia di perkirakan memiliki sekitar 5000 jenis anggrek yang tersebar di wilayah kepulauan, terutama di pulau Kalimantan, Sumatra dan Irian Jaya (Gunadi, 1986).


Beberapa Contoh Jenis Anggrek Spesies Yang Di Temukan Di Wilayah Petak Malai
Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah
Secara umum, anggrek berdasarkan habitatnya di bagi menjadi 4 golongan, yang pertama adalah anggrek epifit yaitu anggrek yang hidup menempel pada pohon inang namun tidak bersifat parasit. Anggrek kelompok ini adalah yang terbanyak hidup di hutan-hutan tropis di Indonesia termasuk di Kalimantan Tengah. Kelompok kedua adalah anggrek tanah atau terrestrial, jenis anggrek ini tumbuh di tanah yang umumnya terbuka. Kelompok ketiga adalah anggrek saprofit (tumbuh di media yang banyak mengandung humus atau serasah), biasanya tumbuh di lantai hutan dimana banyak mengandung humus dan sisa-sisa daunan yang lapuk. Terakhir anggrek litofit, anggrek ini tumbuh di bebatuan atau tanah berbatu, biasanya di tempat terbuka.
Arundina graminifolia salah satu jenis anggrek yang tumbuh di tanah
Ironisnya, informasi dan pengetahuan seputar anggrek spesies ini masih sangat terbatas dikalangan masyarakat, sehingga banyak yang menganggapnya sepele dan diabaikan, padahal di beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Taiwan bahkan Singapura, anggrek telah menjadi sumber devisa penting, padahal negara tersebut memiliki ragam jenis anggrek spesies yang jauh dibawah Indonesia.

Melihat kenyataan tersebut, saya (Muhammad Jumani) merasa prihatin dan terpanggil untuk berkontribusi dalam mengenalkan anggrek spesies khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah - Indonesia. Bersama siswa-siswi SMAN 1 Petak Malai, saya yang kebetulan juga berprofesi sebagai guru mengajak mereka untuk terlibat langsung dalam pendirian "Rumah Anggrek", yaitu suatu wadah untuk menampung jenis-jenis anggrek yang bisa ditemukan di hutan-hutan di wilayah Kecamatan Petak Malai. 

Pendirian Rumah Anggrek, tidak hanya semata-mata untuk melihat seberapa besar kekayaan anggrek spesies yang dimiliki daerah tersebut tetapi juga sebagai tempat bagi siswa belajar salah satu kekayaan alam Indonesia yaitu anggrek. Di tempat ini mereka bisa menggali wawasan mengenai habitat, ragam jenis, cara perawatan, hingga cara berkembangbiak anggrek spesies.

Visi
Memperkenalkan, Melestarikan Serta Mengangkat potensi anggrek spesies Kalimantan Tengah Untuk  kesejahteraan masyarakat.

Misi
  1. Mengidentifikasi ragam jenis anggrek spesies khususnya yang terdapat di wilayah Kecamatan Petak Malai.
  2. Melakukan eksplorasi, perlindungan dan pelestarian anggrek spesies Kalimantan
  3. Menjalin kerjasama dengan para pihak (stakeholder) yang memiliki kepedulian terhadap anggrek spesies.
  4. Menumbuhkan kecintaan dan kepedulian terhadap tanaman anggrek, khusus anggrek spesies Kalimantan Tengah.

Tujuan

  • Sebagai media sosialisasi dan informasi bagi masyarakat mengenai anggrek spesies (anggrek alam) sebagai salah satu kekayaan alam yang harus di jaga dan dilestarikan. 
  • Menjadi wadah bagi masyarakat yang peduli terhadap anggrek spesies dan ingin terlibat langsung dalam upaya perlindungan, pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan tanaman anggrek. 
  • Menggalang dukungan dari para pihak terkait dengan peranggrekan (baik pemerintah maupun swasta) untuk terlibat dan peduli terhadap perlindungan, pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan tanaman anggrek.
  • Mendata jenis anggrek spesies yang ada di wilayah Kecamatan Petak Malai, melalui observasi atau pengamatan langsung.
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengembangkan tanaman anggrek sebagai sumber pendapatan.
  • Meningkatkan kecintaan masyarakat umum akan tanaman anggrek sehingga dapat mengambil bagian dalam upaya perlindungan dan pelestarian anggrek spesies.
Kegiatan 
Rumah Anggrek SMAN 1 Petak Malai, adalah sebuah bentuk aplikasi dari sebuah ide sederhana keinginan berkontribusi dalam dunia peranggrekan Indonesia. Sayangnya saat ini Rumah Anggrek kami bukanlah apa-apa, namun kami percaya segala sesuatu yang besar pasti berasal dari yang kecil. Karenanya dengan keterbatasan sumberdaya kami mencoba melakukan apa yang kami bisa. 
Observasi Anggrek Spesies Menyusuri Sungai Di Pedalaman
Kalimantan Tengah


Observasi Anggrek Spesies di salah satu Bukit di 
Wilayah Kecamatan Petak Malai
- Observasi
Hingga saat ini boleh dibilang tidak ada data pasti berapa jumlah jenis anggrek spesies yang ada di Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan. Padahal setiap hari puluhan bahkan ratusan hektare habitat (hutan) anggrek spesies lenyap oleh berbagai aktivitas manusia. Pendataan atau identifikasi seakan berpacu dengan waktu, banyak peneliti meyakini sebagian dari jenis anggrek tersebut bahkan sudah punah sebelum sempat diketahui keberadaanya. Sayangnya observasi sederhana berupa pengumpulan sampel dan dokumentasi foto saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
- Identifikasi
Salah satu kegiatan yang rumit dan melelahkan adalah identifikasi. Identifikasi atau determinasi adalah pemberian nama suatu organisme dengan menggunakan pustaka (kunci determinasi dalam buku flora atau majalah), gambar-gambar dalam pustaka, spesimen herbarium yang telah diketahui namanya, dan tumbuhan segar yang diketahui namanya. 

Selain menggunakan buku-buku referensi, anggrek yang masih belum diketahui jenisnya akan diidentifikasi dengan meminta bantuan langsung kepada orang-orang yang berkompeten dalam dunia peranggrekan khususnya anggrek spesies.
Pembangunan Rumah Anggrek Sementara


- Membangun Rumah Anggrek
Penanaman Anggrek Di sekitar Area "Rumah Anggrek" 

Setiap sampel anggrek spesies yang ditemukan baik yang belum ataupun telah selesai diidentifikasi akan ditempatkan di Rumah Anggrek. Di sini setiap anggrek akan dipelihara dan jika memungkinkan akan diperbanyak. Sekali lagi pembangunan Rumah Anggrek memerlukan biaya yang lumayan, dengan sumberdaya yang terbatas saat ini kami hanya bisa mengupayakannya secara perlahan dan bertahap.