Baca Dulu, Baru Main

TBM Baraoi - Bermain adalah hal yang lumrah bagi anak-anak, tak terkecuali anak-anak desa Tumbang Baraoi. Meski saat ini mainan-mainan canggih dan modern terus bermunculan, nyatanya hampir tidak mempengaruhi kreativitas dan semangat mereka untuk tetap menggunakan mainan yang mereka buat sendiri. 
Anak-anak desa Tumbang Baraoi tampak dengan mainan dan buku/komik
favorit mereka masing-masing. Di Taman Baca, sudah menjadi kebiasaan
mereka mampir untuk membaca sebelum pergi bermain.
Mobil-mobilan adalah salah satu mainan favorit anak-anak di desa ini. Kegiatan perusahaan loging yang berada disekitar desa sedikit banyak telah mempengarui kehidupan masyarakat tak terkecuali anak-anak. Hal tersebut tampak dari mainan yang mereka buat seperti Truck loging dan mobil-mobil D-cab (4WD). 
Bermain Mobil-mobilan
Anak-anak desa dengan mobil-mobilan buatan sendiri.
Ketika hari sudah agak sore, mereka menuju lapangan
untuk bermain
Masa anak-anak adalah masa potensial perkembangan anak baik itu fisik maupun mentalnya. Dalam hal ini lingkungan akan memberi pengaruh yang cukup besar dalam hal kemampuan kognitif, berbahasa maupun sosioemosionalnya. Tersedianya fasilitas tempat belajar (non formal) dan bermain akan mendukung perkembangan kemampuan kognitif sekaligus fisik serta sosioemosional mereka. 

Kehadiran TBM Baraoi, di lingkungan masyarakat Tumbang Baraoi dengan lokasi yang tidak jauh dari lapangan bermain diharapkan dapat  memberikan kontribusi positif untuk masyarakat khususnya anak-anak di desa tersebut.