Membuat Gasing Keren Dari Bahan Bekas

Membuat Gasing atau yang sekarang populer dengan sebutan "Beyblade" dari bahan bekas ternyata tidaklah sulit. Banyak barang bekas yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan (hand made) berupa gasing salah satunya dengan memanfaatkan bearing bekas atau kelahar. Adapun bearing atau kelahar yang digunakan adalah yang berukuran sedang misalnya bearing roda sepeda motor.

Bahan-bahan untuk membuat gasing dari Kelahar/bearing

cara mudah membuat gasing
Gasing Yang dibuat dari Bahan Bekas Kelahar (Bearing)
Selain bearing yang merupakan komponen utama, kita juga memerlukan pentil sepeda motor beserta dua buah mur ukuran kunci 12 (biasanya setiap pentil ban dalam sepeda motor punya satu), serta dua buah ring baut berukuran sedang. Ring ini fungsinya untuk menahan bearing sekaligus untuk menambah bobot gasing yang berguna untuk menambah momentum tubrukan saat di adu. Bahan lainnya untuk pelengkap adalah kawat besi dan seutas tali dengan panjang 30-40cm.

Cara membuat gasing dari bahan bearing (kelahar) bekas adalah sebagai berikut :
Bahan bekas untuk membuat gasing (beyblade)
Adu Gasing (Beyblade) buatan sendiri
  1. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah bearing, 2 buah ring, 2 buah mur pentil, 1 buah pentil ban dalam sepeda motor yang sudah dipisahkan dari karet ban dalamnya, sebilah kawat sepanjang kurang lebih 15 cm dapat menggunakan  jeruji sepeda, atau kawat lain yang penting bisa masuk ke lubang pentil bagian atas, serta seutas tali untuk menarik (memutar) gasing.
  2. Pasang mur pertama pada pentil hingga mendekati bagian pangkal pentil, setelah itu masukan ring, lalu masukan bearing. Masukan lagi satu ring sehingga dua ring menjepit bearing (kelahar) pasang mur dan kencangkan sehingga bearing tidak bergerak sambil mengatur posisi pentil persis ditengah (bertindak sebagai poros).
  3. Keluarkan bagian isi pentil (bagian dalam yang berfungsi untuk menahan udara keluar), lalu pasang secara terbalik bagian ini berfungsi sebagai titik tumpu, jika dirasa perlu bisa tambahkan lem besi agar tidak goyang.
  4. Gasing sudah siap digunakan.
Cara menggunakan atau memainkan gasing dari bahan bekas kelahar :
manfaat bearing bekas
Cara memainkan Gasing dari Bahan Bekas Bearing
  1. Lilitkan tali pada bagian antara pangkal pentil dan mur, lalu jika lilitan sudah dirasa cukup masukan bilah kawat besi pada bagian lubang pangkal pentil sembari memegang gasing dengan posisi titik tumpu dibawah/diletakan dilantai atau arena bermain.
  2. Tarik tali dan untuk sesaat tahan bilah kawat agar gasing tidak mental, kemudian dengan cepat angkat bilah kawat jika lilitan tali sudah ditarik habis dan gasing sudah berputar
  3. Bermainlah dengan temanmu dan adu putaran gasing siapa yang paling lama. Jika tarikan kalian cukup kuat biasanya gasing yang beradu akan menimbulkan percikan bunga api yang keren. Untuk arena sederhana bisa gunakan bekas kuali yang sudah tidak terpakai sebagai arena darurat. Selamat mencoba dan berkreasi !
Catatan :  Agar laju putaran gasing stabil buatlah serapi se presisi mungkin antara bearing, pentil dan ring yang dipasang. Jika bearing masih aktif berputar (keranjang peluru masih aktif) berilah lem besi.