Anggrek Dendrobium hosei Ridl.

Dendrobium hosei Ridl. ditemukan oleh tim Rumah Anggrek SMAN 1 Petak Malai saat observasi menyusuri sungai di wilayah Kecamatan Petak Malai - Kalimantan Tengah. Anggrek ini dijumpai tumbuh secara epifit menempel dengan posisi menggantung di pepohonan besar yang berlumut disepanjang tepian sungai. Meski lebih mudah dijumpai di area sepanjang aliran sungai, anggrek ini juga dapat dijumpai pada ketinggian 400 sampai 1000 meter, pada hutan lereng-lereng bukit dan hutan berkabut. 
ciri-ciri anggrek dendrobium hosei
Anggrek Dendrobium hosei Lindl

Selain di Petak Malai, Kalimantan Tengah, spesies ini juga bisa ditemukan di Malaysia, dan Papua Nugini. Batang anggrek ini menyerupai Dendrobium anosmum namun cenderung lebih kecil dengan duduk daun berselang seling. 
anggrek spesies kalteng
Anggrek Dendrobium hosei Lindl

Anggrek Dendrobium hosei hampir berbunga sepanjang waktu, bunga-bunga tersebut mekar secara bergantian. Bunganya berdiameter kurang lebih 1 hingga  2,5 cm, sepal dan petal berwarna merah dengan alur-alur kuning pada labellum (bibir bunga).

Jenis ini termasuk mudah perawatannya, cocok dengan berbagai media tumbuh seperti sabut kelapa, pakis bahkan potongan batang kayu. Intensitas cahaya dan kelembaban adalah hal prioritas yang harus diperhatikan. Tanaman ini menyukai daerah yang agak teduh dan memerlukan kelembaban yang cukup.

Dalam rangka menggalang dana untuk pembangunan Rumah Anggrek SMAN 1 Petak Malai kami membuka kesempatan untuk anda yang ingin memiliki anggrek ini melalui program Adopt an Orchid. Hasil penggalangan dana dari program ini juga akan di sumbangkan sebesar 20 persen untuk Taman Baca Baraoi.

Dendrobium hosei Lindl

Nama Anggrek
Dendrobium hosei Ridl.

Biaya 
IDR 50.000,-

Status
Pre-Order (PO)