Rencana Pembangunan "Rumah" Taman Baca Baraoi

"Hujan Tak Sekali Jatuh, Simpai Tak Sekali Erat" demikian mungkin peribahasa yang tepat mengenai proses  pendirian Taman Baca Baraoi. Setelah berjalan lebih dari dua tahun menyelenggarakan kegiatan literasi dan kegiatan edukasi lainnya dengan menyewa dan menumpang tempat, kini dengan doa restu dan dukungan berbagai pihak insya Allah taman baca satu-satunya yang ada di Kecamatan Petak Malai ini akan memiliki "rumah" sendiri.
denah lokasi taman baca
Denah Lokasi Lahan Untuk Pendirian "Rumah" Taman Baca

Sebidang tanah berukuran Panjang 15 meter dan lebar 20 meter yang lokasinya tidak jauh dari komplek sekolah rencananya akan menjadi lokasi didirikannya "Rumah" Taman Baca Baraoi. Namun demikian lahan tersebut tidaklah diberikan secara gratis/hibah. Untuk bisa memilikinya Taman Baca Baraoi harus menyiapkan dana Rp 7 Juta (Tujuh Juta Rupiah). 
persiapan lahan taman baca
Negosiasi dengan pemilik tanah

Sebenarnya nomial tersebut terbilang besar apalagi jika harus dibayar cash/tunai. Mengingat untuk biaya operasional saja TBM masih sangat minim. Syukurlah pemilik tanah cukup mengerti dan bersedia memberikan tenggat waktu pembayaran hingga akhir tahun (31 Desember 2016).
posisi lokasi lahan pembangunan taman baca baraoi
Lokasi Lahan
Lokasi ini kami pilih karena cukup strategis, karena berada di dekat komplek sekolah SMP dan SMA dan masih relatif dekat dengan Sekolah Dasar (SD) serta pemukiman atau perumahan warga. Pepohonan yang ada juga dapat dimanfaatkan menjadi wahana bermain bagi anak-anak selain memberikan rasa sejuk.

posisi lahan dengan lingkungan sekolah
Posisi Lokasi Lahan (sebelah kanan)
dengan Lingkungan Sekolah (foto mode panorama)
Tenggat waktu tiga bulan boleh dibilang relatif singkat, namun Kami optimis dana yang dikumpulkan secara swadaya dan dibantu donatur bisa terhimpun tepat waktu. Kami juga berkeyakinan dalam tempo satu tahun setelah TBM memiliki lahan "rumah" Taman Baca Baraoi sudah berdiri.

Beberapa bulan sempat menempati ruang bekas bengkel spare part, delapan belas bulan mengontrak dan lebih delapan bulan menumpang memang tidak menyurutkan Kami untuk tetap bisa melayani dengan segenap hati. Namun bagaimanapun tidak ada yang senyaman "rumah" sendiri. Tidak hanya lebih nyaman, setelah direalisasikan tempat tersebut juga bisa mendukung lebih banyak kegiatan yang sudah diprogramkan, dan sekarang kami memiliki kesempatan itu.

Apalah kami tanpa kalian (donatur), karenanya donasi dari anda sangat kami harapkan. Kami percaya "Sekecil Apapun, tidak ada kebaikan yang sia-sia".