Langkah sederhana membuat Kokedama

Tumbangbaraoi.com - Seni membentuk tanaman dari Jepang  tidak hanya Bonsai, sebuah teknik lain menata tanaman yang tidak kalah menarik dari negeri samurai ini  ialah Kokedama. Tidak seperti halnya menempa tanaman bonsai yang memerlukan waktu bertahun-tahun, membentuk kokedama hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Bahkan jika  alat dan bahannya lengkap, biasanya selesai kurang dari satu jam. 

langkah membuat kokedama
Membuat Kokedama

apa itu sphagnum moss
Lumut untuk membuat kokedama

Disebut kokedama karena berbentuk seperti bola lumut. Koke dalam bahasa jepang berarti lumut, sedangkan Dama ditafsirkan sebagai sesuatu yang berbentuk bundar (bola).  Karena itu Kokedama disebut juga Bola Lumut. Sebenarnya Kokedama adalah media untuk tanaman hias tertentu. Tidak hanya dapat digunakan untuk menghiasi sudut-sudut rumah atau bahkan meja kerja, Kokedama dengan tanaman hias seperti Sansivera juga baik untuk membersihkan udara dari polutan. 

tanaman yang cocok untuk kokedama
Kokedama dengan tanaman Sansivera

Bagaimana cara membuat Kokedama?
Cara membuat media tanam ini relatif sederhana, namun seperti yang disebutkan sebelumnya tidak semua tanaman hias cocok menggunakan kokedama. Beberapa tanaman yang sering dipadankan dengan bola lumut adalah beberapa jenis tanaman pakis, tanaman sukulen seperti jenis lidah mertua, begonia, dan beberapa jenis tanaman lain yang adaptif terhadap lingkungan teduh. 

Langkah-langkah membuat Kokedama

1. Persiapkan alat dan bahan 
  • Tanaman hias 
  • Tanah atau media yang bisa dibentuk bola
  • Sphagnum moss atau lumut kering
  • Gunting
  • Benang jahit dan atau tali kasur
  • Lumut segar (lumut yang masih hidup)
  • Sprayer dan air 

2.Bentuk tanah atau media menjadi bentuk bola. Untuk mempermudah bisa gunakan media tanah liat yang di campur dengan humus atau kompos. Sesuaikan besaran bola dengan tanaman hias yang  telah disiapkan.
3. Siapkan lubang pada bola untuk menanam tanaman hias. Sesuaikan ukuran lubang dengan akar tanaman, jika perlu akar bisa dibalutkan Lumut kering  yang kemudian diikat dengan benang agar tidak lepas.
4. Tutup dengan menggunakan tanah dan padatkan seperlunya agar tanaman kokoh tetapi tidak sampai merusak akar.
5. Menutup bola tanah dengan lumut adalah bagian yang paling memerlukan ketelitian dan ketekunan. Proses ini akan relatif lebih mudah jika menggunakan lumut yang berbentuk lembaran. Lumut ditempelkan pada bola tanah bagian per bagian, kemudian diikat menggunakan benang.
6. Lembabkan Kokedama menggunakan sprayer sebelum diletakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.


Menghasilkan kokedama yang cantik dan menawan memerlukan feeling dan ketelitian. Bahkan beberapa orang percaya bahwa sebuah kokedama yang apik dibentuk menggunakan perasaan. Boleh dibilang kokedama yang dibentuk adalah cerminan perasaan si pembuatnya kala itu.  Agar lebih menawan, kokedama bisa diletakan di pot  khusus atau digantung dan di tempatkan di area yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Bagaimana, tertarik mencoba?