Mudah!, Begini Cara Memancing Ikan Sepat !

www.tumbangbaraoi.com- Berbeda pada kebanyakan jenis ikan lainnya, ikan sepat atau sepat rawa (Trichogaster trichopterus) memiliki mulut yang relatif sangat kecil sehingga perlu beberapa penyesuaian pada pancing untuk memancing ikan ini. 

Cara memancing ikan sepat

Ikan Sepat adalah jenis ikan rawa anggota suku gurami yang pada umumnya melimpah diperairan khususnya diperairan Kalimantan Selatan, walaupun ikan ini juga dijumpai di daerah lain terutama karena proses introduksi karena manfaatnya sebagai ikan konsumsi. 

Habitat ikan sepat

Di Kalimantan sesuai dengan nama yang disematkan padanya yakni "sepat rawa" (dalam bahasa banjar ikan sepat disebut "iwak sapat", ikan ini banyak menghuni perairan tenang walaupun juga sering dijumpai pada sungai-sungai mengalir namun dengan arus relatif tidak terlalu deras. Bahkan, ikan ini hampir dapat dijumpai disetiap kolong rumah warga yang umumnya dibangun diatas rawa.

Umpan Pancing Ikan Sepat

Perkembanganbiakannya yang relatif cepat dan daya adaptasinya yang tinggi membuat ikan ini cukup melimpah dan menjadi salah satu penopang persediaan ikan segara bagi masyarakat sekitar. Kemampuan adaptasi ini nampaknya tidak terlepas dari adanya tambahan organ labirin yang membuat kelompok ikan ini mampu mengambil oksigen langsung dari udara sehingga mampu hidup di perairaan rawa termasuk rawa gambut yang miskin oksigen.

Cara Memancing Ikan Sepat Rawa relatif mudah. Joran yang digunakan bisa menggunakan bahan tradisional seperti bambu atau menggunakan bahan-bahan pabrikan seperti fiber atau yang lain. Pada alat, sedikit penyesuaian hanyalah pada nilon (string) dan mata pancing serta umpan yang digunakan. Sedangkan sisanya keberhasilan memancing ikan sepat juga dipengaruhi oleh teknik atau cara memancingnya. 

Persiapan Memancing

Alat Pancing Ikan Sepat

Penyesuaian pancing untuk memancing ikan sepat sebagai berikut:

  1. Pilih joran yang sesuai, sebaiknya joran ringan dan disesuaikan dengan kondisi "palawa" atau spot memancing.
  2. Gunakan nilon atau string brdiameter kecil 
  3. Pilih mata pancing khusus, mata pancing ini sudah banyak diproduksi khusus untuk ikan dengan tipe mulut kecil seperti jenis ini.
Umpan dan Teknik Memancing Sepat
Umpan pancing ikan sepat yang umum digunakan adalah telur semut rangrang atau kroto. Umpan telur semut rangrang yang digunakan adalah telur yang kecil dan lebih dianjurkan yang masih berbentuk telur sempurna. Namun, tidak menutup kemungkinan menggunakan jenis umpan lain yang disukai oleh ikan sepat tentunya yang dapat disesuaikan untuk diumpankan pada kail yang sangat kecil dan tidak mudah lepas saat terkena air akan lebih efektif.

Teknik memancing ikan sepat cukup dengan menjatuhkan umpan atau kail didekat kawanan ikan sepat dengan hati-hati dan perlahan karena ikan ini cukup sensitif dan mudah kaget. Ikan ini biasanya suka muncul dipermukaan untuk mengambil udara dan "menghisap" makanan. Daerah yang cukup terbuka dan sedikit rumput  serta dengan kondisi angin yang tenang adalah spot yang paling ideal. Terkadang umpan atau kail tidak perlu ditenggelamkan tetapi cukup ditempatkan tepat dipermukaan air dan menunggu ikan sepat menyambarnya. 

Agar  Ikan Sepat tidak mudah lepas saat dipancing

Selain mulut yang kecil, ikan sepat atau ikan sapat juga memiliki "bibir" yang sangat rapuh atau rentan. Oleh karena itu saat umpan disambar yang dilakukan cukup mengangkat joran atau pancing tanpa perlu menyentak atau (banjar:manyisit). Kebiasaan ikan ini adalah langsung membawa umpan kabur atau lari sehingga secara otomatis akan (hook up), sebuah sentakan dapat membuat bibir ikan ini robek dan terlepas dari kail dan biasanya menyebabkan trauma dan sulit untuk memakan umpan kail dalam beberapa waktu.

Ikan Sepat memiliki nilai ekonomis sebagai sumber protein khususnya daerah pedesaan. Selain dijual dalam bentuk ikan segar, biasanya ikan ini juga diolah menjadi ikan asin atau diawetkan dalam bentuk "pakasam" atau wadi sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Demikian beberapa tips singkat cara memancing ikan sepat, semoga bermanfaat dan dapat dipraktekan terlebih dimasa pandemi tentunya selain berhemat kita juga dapat mengurangi frekuensi kepasar atau membeli ikan karena dapat memenuhi kebutuhan persediaan ikan sendiri dengan cara memancing. Selamat mencoba !