Empat Lomba Baru di Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017

Tumbang Baraoi - Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017, Taman Baca Baraoi menggelar berbagai lomba Mei 2017 lalu untuk anak-anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. 

Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Kelereng Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Lari Balon  Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi

Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Futsal Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Ada 12 katagori lomba yang dilaksanakan, selain lomba-lomba yang sudah umum seperti lomba membawa kelereng dalam sendok, lari balon, dan  futsal untuk anak usia dini serta lomba mengumpulkan koin (orang eskimo) yang terbilang baru untuk menguji ketangkasan sekaligus kemampuan berhitung ada juga lomba lain yang juga relatif jarang diperlombakan yaitu menyusun kata, menemukan kata dan peringkat satu (adopsi rangking satu) yang lebih menitik beratkan kepada pengetahuan. 
Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Mengumpulkan Koin
Tidak Diperkanankan Melihat Koin yang akan di ambil

Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Mengumpulkan Koin
Mengambil Koin 

Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Mengumpulkan Koin
Menghitung Total Koin
Mengumpulkan koin atau di sebut juga permainan "orang eskimo" adalah permainan mengumpulkan koin (uang pecahan logam) di dalam sebuah wadah yang diisi air yang telah didinginkan menggunakan es batu. Peserta dalam tim ( satu tim 3 orang) berdiri di garis awal dan secara bergantian mengambil koin (uang logam) yang ada di dalam wadah yang berada di hadapan mereka (jaraknya relatif antara 5 -10 meter). Setiap peserta tidak diperkenankan melihat koin yang akan diambil. Koin yang sudah didapat dikumpulkan dikelompok masing-masing, pemenangnya adalah tim yang lebih dulu berhasil mengumpulkan koin sebesar 2.500,- (bisa disesuaikan). Kesulitannya adalah karena koin yang sudah di masukan kedalam wadah terdiri dari uang pecahan 100, 200, 500, dan 1000, maka kadang kala koin yang di ambil melebihi target. Maka peserta harus mengembalikan kelebihannya dan mengambil kembali koin yang pas sehingga koin yang terkumpul sesuai target. Selain menguji ketangkasan karena harus cepat, peserta juga di tuntut bisa menjumlah atau mengurangi koin agar pas. 
Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Menyusun Kata
Lomba menyusun kata adalah lomba sederhana yang menguji pengetahuan, ketepatan sekaligus kecepatan berpikir dan diperuntukan perorangan. Rule-nya sederhana panitia akan menunjukan sebuah kata yang telah diacak susunan hurufnya, dengan sebuah clue atau petunjuk, tugas peserta adalah menemukan dan menuliskan kata yang di maksud pada kertas yang telah disediakan. Penilaian akhir adalah peserta yang berhasil menebak paling banyak kata akan mendapatkan poin paling tinggi yang akan menjadi juara.
Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba Menemukan Kata
Menemukan kata juga diperuntukan untuk perorangan, bedanya dengan menyusun kata adalah lomba ini tidak menuntut peserta menyusun huruf demi huruf yang diacak, melainkan menemukan sebuah kata yang bukan dari kelompoknya. Panitia akan memperlihatkan sebuah kertas yang telah berisi kelompok kata (ada 5 kata), di mana salah satu di antaranya adalah bukan termasuk dalam katagori yang di maksud. Contoh kelompok kata buah-buahan : Jambu, Mangga, Tomat, Apel, Manggis. Maka kata yang bukan dari kelompok tersebut adalah "tomat" karena ia termasuk dalam kelompok sayur-sayuran.
Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Lomba "Peringkat 1"
Lomba Peringkat 1 mengadopsi dari kuis "rangking 1" hanya saja ada beberapa penyesuaian. Ada beberapa aturan dalam lomba ini; pertama, peserta mendaftar dalam bentuk tim ( satu tim 6 orang), di mana setiap tim wajib menyiapkan yel-yel dan kostum sekreatif mungkin. Penilaian yel-yel dan kostum adalah penilaian tim sedangkan untuk peringkat 1 adalah peserta yang mampu bertahan dan berhasil menyisihkan peserta lain termasuk yang satu tim dengannya. Perbedaan lain lomba ini adalah, setiap peserta diberikan kredit poin sebesar 500, sehingga tidak ada peserta yang langsung out di pertanyaan pertama jika salah menjawab. Kredit poin akan di kurangi 100 jika jawaban salah, dengan kata lain baru ada peserta yang gugur jika salah berturut di lima pertanyaan. Peserta yang menjadi peringkat 1 berhak melanjutkan kebabak bonus, dimana setiap pertanyaan di babak tersebut ada hadiah yang bisa di bawa pulang jika di jawab dengan benar. 
Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Pengarahan Lomba

Peringatan Hardiknas 2017 Taman Baca Baraoi
Pengarahan Lomba

Pada awalnya ketiga lomba ini sepi peminat, lantaran ketiganya adalah lomba yang belum pernah digelar sebelumnya, namun pada hari terakhir antusias anak-anak begitu luar biasa. Lomba yang di gelar di Aula Kantor Kecamatan Petak Malai dan Lapangan Buluh Merindu ini diharapkan tidak hanya dapat menjadi ajang hiburan bagi anak-anak, tetapi juga dapat merangsang minat baca dan menggairahkan kembali semangat belajar guna meningkatkan kognitif, tak terkecuali juga psikomotor dan afektif mereka.