Cara Kirim Buku Gratis Lewat Pos

Taman Baca Baraoi - Kirim buku gratis yang di galakan setiap tanggal 17 bulan berjalan adalah terobosan yang sangat brilian sebagai salah satu solusi mengangkat minat baca di Indonesia yang sedang lesu. Dalam dua periode terakhir (Mei dan Juni) PT POS Indonesia telah mengirimkan sedikitnya 7 ton paket buku ke berbagai daerah, terbanyak ke Bali dan Nusa Tenggara 26, 72%, kemudian Sulawesi dan Maluku 21,06%, dan Papua 18,42%.
Cara mengirim buku gratis
Kirim Buku Gratis Lewat Pos

Kirim Buku Gratis Via Pos ini meningkat 500% lebih di bulan ke dua sejak pertama kali di inisiasi oleh Presiden Jokowi 20 Mei lalu. Menurut laporan PT Pos, jumlah paket buku yang mereka antar Mei lalu sebanyak 171 koli, dan Juni ini 1.076 koli.
Kirim Buku Gratis Via Pos
Kirim Buku Gratis Via Pos

Donasi Buku Gratis Ongkos Kirim ini di harapkan dapat menjadi solusi mahalnya biaya pengiriman buku ke pelosok-pelosok. Banyak relawan dan donatur yang kerap mengeluhkan ongkir buku, bahkan untuk tujuan wilayah seperti Indonesia Timur dan Pedalaman Kalimantan, biaya kirimnya bisa beberapa kali lipat di banding harga buku itu sendiri. 

Cara Kirim Buku Gratis Lewat Pos ini cukup mudah, bagi penggiat literasi dan donatur berikut ketentuan dan tips memaketkan buku secara gratis melalui kantor pos ;
  1. Tiap donatur hanya dapat mengirim 1 paket donasi berat maximal 10 kg. Sebaiknya kemas buku yang akan di donasikan dengan rapi dan kokoh dan jika memungkinkan pastikan timbangannya tidak lebih dari 10 kg.
  2. Donasi dikirim melalui Kantorpos (kecual Agenpos) di seluruh Indonesia. Antar paket buku ke Kantor Pos terdekat (tidak berlaku untuk agen pos). 
  3. Di sampul paket tertulis kata “Bergerak”.
  4. Pastikan tujuan pengiriman untuk komunitas literasi di seluruh Indonesia terdaftar dalam database Pos Indonesia. Daftar komunitas literasi bisa di lihat di sini (data ini masih terus di update).
Cara mendaftarkan Taman Baca yang belum terdaftar dalam data base Pos Indonesia bisa mendaftarkan diri dengan bergabung di grup Pustaka Bergerak Indonesia

Bagi yang ingin mendonasikan buku bacaan ke Taman Baca Baraoi bisa di alamatkan ke 

Desa Tumbang Baraoi Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan 74459 

atau bisa juga melalui posko Taman Baca di 

Jl. Trans Kalimantan Km 10 RT 03 No 08 Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak Kab. Barito Kuala 70582 (Samping Rumah Asuh Air Mata Ibu), kontak 082255313036 / 085215971896