Peringati Hardiknas 2019 Dengan Sederhana

Tumbang Baraoi – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei dirayakan dengan sederhana namun tetap meriah oleh Taman Baca Baraoi. Antusiasme tidak hanya nampak di wajah para peserta tetapi juga masyarakat yang memadati lapangan Buluh Merindu yang menjadi pusat kegiatan.

Lomba hardiknas 2019
Panitia dan Para Juara Lomba Peringatan Hardiknas 2019

Kendati dengan persiapan yang relatif minim, panitia peringatan Hardiknas 2019 sukses menggelar 6 kegiatan yang terdiri dari 3 lomba yakni memasukan air dalam botol, memasukan kelereng kedalam gelas, dan cerdas cermat serta 3 pertandingan yaitu Futsal, Volly ceria, dan Bulu tangkis. 

Diikuti lebih dari 30-an anak, lomba memasukan air dalam botol menjadi lomba pembuka kegiatan peringatan hardiknas 2019 Taman Baca Baraoi, di Lapangan Buluh Merindu Kecamatan petak Malai Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. teknis lomba yang tidak biasa dan sorak sorai penonton yang mendukung jagoan mereka semakin menyemarakan suasana. Berbekal tangan kosong, pasangan peserta harus mampu memutar otak mencari teknik yang paling efektif untuk dapat membawa dan mengisi air ke dalam botol yang bermulut sempit di ujung sisi yang berlawanan. Pemenangnya adalah pasangan yang botolnya terisi air paling banyak pada batas waktu yang ditentukan.

lomba sederhana
Futsal Anak-anak
Memasukan kelereng dalam gelas juga tidak kalah seru. Sebagian besar penonton bahkan dibuat geregetan karena peserta kerap gagal memasukan kelereng kedalam gelas yang hanya berjarak kurang lebih 1 meter. Banyaknya peserta yang gagal bahkan membuat beberapa panitia penasaran untuk mencoba, dan benar saja permainan sederhana ini ternyata tidak semudah kelihatannya. Dari lima kesempatan yang diberikan paling banyak  mereka hanya bisa memasukan dua kelereng.

Lomba Peringati hardiknas
Cerdas Cermat
Jika dua lomba sebelumnya lebih kepada menguji ketangkasan dan taktik, maka lomba terakhir yakni Cerdas Cermat menuntut ketepatan dan olah pikir. Peserta yang beragam membuat panitia harus memutar otak agar kompetisi berjalan dengan lancar tetapi tetap fair. Seleksi ketat ala “ranking 1” berhasil mengantongi  enam dari total 25 nama yang berada di kelompok SD untuk melaju ke final bergabung dengan 3 peserta dari kelompok SMP yang juga lolos seleksi. Di babak final, masing-masing 2 siswa SD akan mendampingi 1 siswa SMP membentuk tim A, B, dan C. Di tahap ini masing-masing grup harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan melahap semua soal dari dua babak yakni wajib dan rebutan.


game seru yang menyenangkan untuk anak
Voli Ceria
Di kelas futsal, 4 tim adu kuat untuk menjadi juara. Tim yang masing-masing di kapteni Kena,Yoga, Aldi dan Hendra harus melakoni masing-masing tiga laga guna mendulang poin. Kekuatan tim yang nyaris merata membuat setiap pertandingan sangat menentukan. Tim yang menang akan meraih 3 poin, sebaliknya tim yang kalah tidak mendapat poin, sedangkan kedua tim dengan hasil seri akan memperoleh masing-masing 1 poin. Tim yang keluar sebagai juara adalah yang perolehan poinnya paling banyak.
Kegiatan Hardiknas Tbm Baraoi
Seleksi Cerdas Cermat
Di antara keseluruhan lomba dan pertandingan yang diselenggarakan, Voli Ceria adalah yang paling menarik perhatian.  Pasalnya Pertandingan Voli yang satu ini terbilang unik dan tidak biasa. Tidak hanya lantaran netnya yang menggunakan terpal sehingga kedua tim seakan tersekat tetapi juga bola yang digunakan. Jika umumnya pertandingan Voli menggunakan bola voli, maka pada pertandingan kali ini tim panitia menggantinya dengan bola karet mainan. Namun justru di sinilah letak keseruannya. Bola “liar” dan net yang tidak biasa ini membuat kedua tim yang bertanding sering gelabakan saat menerima bola servis lawan. Kondisi ini tidak hanya membuat penonton kembali di buat geregetan tetapi juga terpingkal-pingkal karena banyak kejadian lucu selama pertandingan.
Kegiatan yang di gelar selama empat hari ini ditutup dengan penyerahan hadiah dan foto bersama Panitia, Relawan dan Peserta di depan lokasi yang rencananya akan di bangun Rumah Literasi Taman Baca Baraoi.

Pemenang Lomba Kegiatan Hardiknas 2019
Jenis Lomba
Nama
Juara Ke
Memasukan air dalam botol
Beri & Linda
I
Wulandari & Ulandari
II
Andri. A & Marsha
III
Memasukan kelereng dalam gelas
Andri. A
I
Ili
II
Erli
III
Bulu Tangkis Putra
Thomas & Jeri
I
Riko& Debi
II
Yongki & Juniandi
III
Bulu Tangkis Putri
Pepie & Pariska
I
Remita & Desti
II
Putri  & Asik. U
III
Voli Ceria
Bunga, dkk
I
Sona, dkk
II
Arya, dkk
III
Futsal
Yoga, dkk
I
Hendra, dkk
II
Kena, dkk
III
Cerdas Cermat
Aldi, Jesica.E, Nesia
I
Sona, Oskar, Jesica. A.N
II
Elisa, Misla, Arya
III