Merancang Kemah Literasi Pertama Di Pedalaman Kalimantan

Tumbang Baraoi -Tingginya antusias anak-anak terhadap buku bacaan dan kegiatan edukasi melalui program Manalih Lewu mendorong Taman Baca Baraoi Yayasan Baraoi Mutiara Borneo untuk meningkatkan aktivitas literasi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Salah satunya dengan menggelar kegiatan bertajuk “Kemah Bakti Literasi” yang rencananya akan diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 74 yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, sekaligus memperingati hari jadi Taman Baca Baraoi yang ke 5 (lima) yang jatuh pada tanggal 27 Agustus 2019 nanti.
Kemah Bakti Literasi di Katingan
Ilustrasi Kegiatan Kemah
Secara umum tujuan Kemah Bakti Literasi adalah untuk mempertemukan anak-anak dari delapan wilayah yakni 7 desa dan 1 dusun di Kecamatan Petak Malai dalam rangka mengikuti kegiatan Literasi dan Bakti sosial selama 3 hari.  Ke tujuh desa dan satu dusun itu adalah Desa Tumbang Baraoi, Batu Tukan, Tumbang Tangoi, Tumbang Jala, Batu Badak, Nusa Kutau dan Tumbang Habangoi, serta Dusun Tumbang Papi. Kegiatan Outdoor akan di pusatkan di Lapangan Buluh Merindu, sedangkan acara indoor akan dilaksanakan di Aula Merah Putih yang berada di sisi Selatan lapangan. 
Kemah Bakti Literasi di kecamatan Petak Malai
Minat Anak-anak terhadap Kegiatan Manalih Lewu
Jika sukses digelar, Kemah Bakti Literasi ini akan jadi yang pertama di Katingan bahkan mungkin Kalimantan Tengah, pasalnya kemah ini memadukan dua poin sekaligus yakni "Bakti" dan Literasi sedangkan selama ini umumnya hanya di adakan salah satunya saja, Kemah Bakti atau Kemah Literasi. Dihadirkannya kegiatan Bakti sosial dalam kemah ini diharapkan dapat mendongkrak rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan, sedangkan aktivitas literasi bertujuan membangun generasi yang literat.

Selain dua kegiatan utama seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam kegiatan nanti juga akan di gelar berbagai lomba misalnya lomba bercerita, lomba yel-yel, dan lomba-lomba lain yang menonjolkan kreatifitas dan kekompakan tim. Tidak hanya itu, lomba yang paling menarik perhatian peserta nantinya adalah Lomba Cerdas Cermat, sebab tidak hanya sertifikat, para peserta juga akan memperebutkan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan.

Kegiatan Kemah Bakti Literasi di selenggarakan secara gratis untuk menjamin agar peserta tidak terbebani dan benar-benar akan memperoleh pengalaman belajar yang unik dan menyenangkan. Oleh karena itu dana penyelenggaraan akan dihimpun dari donasi pribadi, instansi atau perusahaan, dan pemerintah baik melalui proposal, maupun secara online melalui situs penggalangan dana www.kitabisa.com/kemahliterasi.

Donasi Kemah Bakti Literasi
Penggalangan Dana Melalui Kitabisa.com


Untuk teman-teman yang ingin membantu silahkan berdonasi melalui situs tersebut caranya : 
1. Klik www.kitabisa.com/kemahliterasi       
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Teman-teman juga dapat membantu penggalangan dana ini dengan bantu share atau bagikan link penggalangan dana tersebut kepada keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat anda.

Bagi teman-teman yang ingin berdonasi langsung silahkan salurkan donasi anda melalui
Rek BRI 7128-01-013147-53-3 a.n YAYASAN BARAOI MUTIARA BORNEO


Untuk Informasi, Konfirmasi maupun Pertanyaan, hubungi :
082255313036