Tetap Optimis Meski Dana Belum Terkumpul

Tumbangbaraoi.com - Tanpa terasa persiapan kegiatan Kemah Bakti Literasi yang  akan digelar mulai tanggal 24 Agustus 2019 hanya menyisakan waktu belasan hari lagi. Kendati  dana yang berhasil di himpun  baru mencapai 10 persen dari keseluruhan, panitia tetap optimis kegiatan  literasi pertama di Kabupaten Katingan ini akan dapat berjalan dengan lancar. 
Muhammad Jumani
Aktivitas Out Door Class (ODC) English For Fun Taman Baca Baraoi
Dana yang masuk sudah mulai digunakan untuk membeli perlengkapan kegiatan seperti tenda terpal, trofi dan kertas piagam/ sertifikat dan beberapa  perlengkapan alat tulis dan sekolah yang nantinya akan digunakan sebagai hadiah berbagai lomba selama kegiatan Kemah Bakti. Selain mulai mencicil perlengkapan, panitia juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan tidak ada kendala yang berarti selama  kegiatan nantinya.

Heriwati, ketua panitia kegiatan mengakui persiapan Kemah Bakti Literasi memang tergolong mepet. Pasalnya panitia hanya memiliki hari efektif kurang dari satu bulan untuk merampungkan berbagai persiapan. Menurutnya, dengan waktu yang sangat singkat itu tim harus bekerja keras terutama dalam hal mencari sumber dana. 

Lokasi yang terpencil dan akses jalan-jalan penghubung desa yang masih tergolong sulit turut membuat anggaran pelaksanaan membengkak. Misalnya anggaran untuk keperluan jemputan dan pemulangan peserta dari tujuh desa dan satu dusun saja setidaknya memerlukan 1,6 juta, dengan rata-rata hanya dua ratus ribu rupiah per desa, padahal untuk mencapai lokasi kegiatan desa terjauh yakni Tumbang Habangoi harus menempuh kurang lebih 80 km. 

Meskipun demikian Muhammad Jumani, pendiri Taman Baca Baraoi tetap yakin Kegiatan Kemah Bakti Literasi dapat terselenggara. Baginya, kegiatan ini sangat penting untuk mendongkrak rasa kepedulian dan semangat belajar khususnya anak-anak hulu Katingan, agar mereka dapat merasakan atmosfir kemerdekaan sesungguhnya khususnya dibidang literasi. Ia juga berharap pemerintah daerah, perusahaan dan semua pihak mau mendukung kegiatan ini khususnya perihal dana kegiatan sehingga Kemah Bakti Literasi ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya untuk anak-anak di Kecamatan Petak Malai khususunya, dan anak di seluruh Indonesia pada umumnya. 

Mari bersama membangun daerah, karena kalau bukan kita siapa lagi!, kalau tidak sekarang kapan lagi!. Bantu Kami dengan donasi terbaik anda melalui Rek BRI 7128-01-013147-53-3 a.n YAYASAN BARAOI MUTIARA BORNEO atau melalui website https://www.kitabisa.com/kemahliterasi