Ketahui Jenis Kekuatan Pikiranmu Melalui Gambar Ini

www.tumbangbaraoi.com - Ada banyak tes yang dapat menentukan proses berpikir dan sifat kepribadian. Hasil-hasil tes ini tentunya dapat kita gunakan sebagai bagian dari introspeksi diri dan mengenali potensi sehingga dapat menentukan sikap guna mengembangkan berbagai potensi tersebut sehingga dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. 

Gambar tes psikologi

Psikobiologis dan pemenang Hadiah Nobel Roger W. Sperry menemukan bahwa 2 belahan otak kiri dan kanan berfungsi secara berbeda, dan cara seseorang berpikir bergantung pada sisi mana yang dominan. Biopsikologi adalah studi ilmiah tentang biologi perilaku. Ada yang menyebut bidang ini psikobiologi, biologi perilaku, atau neurosains perilaku, tetapi biasanya disebut dengan biopsikologi karena menunjukkan pendekatan biologis pada studi psikologi bukan pendekatan psikologi pada bidang biologi.

Gambar di atas adalah salah satu tes visual melalui gambar yang dapat digunakan untuk mengetahui lebih banyak tentang cara kerja pikiran seseorang berdasarkan hewan mana yang pertama kali ia lihat. Ingat jika  anda ingin mengikuti tes ini agar hasilnya benar-benar akurat anda hanya perlu waktu sekilas menatap gambar dan menentukan gambar hewan apa yang pertama kali anda lihat. Jika sudah maka anda bisa melanjutkan membaca untuk mengetahui bagian otak mana yang paling dominan bekerja pada anda.

1. Kepala Harimau

Tes Psikologi Sederhana

Jika yang anda lihat pertama kali adalah gambar atau visual kepala harimau maka anda termasuk orang yang belahan otak kirinya lebih aktif daripada otak kanan. Anda adalah orang yang analitis, sangat berorientasi pada tujuan dan terorganisir. Ketika menghadapi suatu masalah Anda cenderung logis, kalkulatif, dan objektif.

Namun, terkadang, karena Anda tahu bahwa keputusan yang Anda buat dibuat setelah banyak berpikir, Anda cenderung bersikeras. Jadi, disarankan agar Anda mendengar pendapat orang lain dan mempertimbangkannya juga. Ingatlah bahwa sedikit kerendahan hati akan berdampak besar.

Ciri-ciri kepribadian:

  • Anda melakukan sesuatu dengan cara yang direncanakan dengan baik, seperti dalam daftar tugas.
  • Anda memiliki tujuan yang jelas dan jelas dan jelas tentang jalan yang harus diambil untuk mencapainya.
  • Emosi dan perasaan tidak menghalangi Anda untuk mencapai tujuan Anda.
  •  Anda memiliki bakat untuk matematika, sains, dan ide pengurutan.
  • Dunia Anda sangat nyata. Di dalamnya, tidak ada tempat untuk dongeng dan fiksi. Demikian pula, betapapun tinggi tujuan Anda bagi orang lain, Anda tahu bahwa itu realistis dan dapat dicapai.

2. Monyet Bergantung

tes psikologi gambar abstrak

Bagaimana jika jenis hewan yang pertama kali tampak adalah Monyet sedang bergantung?.  Jika itu yang anda lihat pertama kali maka anda termasuk orang dengan belahan otak kanan yang lebih aktif. Anda adalah orang yang kreatif yang penuh dengan ide-ide inovatif. Ketika menghadapi masalah, Anda lebih mengandalkan intuisi Anda (yang lebih sering benar) daripada berpikir kritis.

Anda tahu betul bahwa setiap langkah yang Anda ambil dalam hidup Anda adalah pelajaran bagi Anda dan itu bahkan termasuk kehilangan adalah langkah menuju pencapaian tujuan Anda. Bagi Anda, perjalanan lebih penting daripada tujuan. Karena Anda seorang pemimpi, Anda sering tersesat di alam mimpi Anda sendiri. Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan pemeriksaan realitas sesekali dan untuk lebih memperhatikan dunia di sekitar Anda.


Ciri-ciri kepribadian :

Anda melakukan sesuatu secara spontan. Anda memiliki bakat untuk mengambil pendekatan "out of the box"

Anda sangat peduli tentang banyak hal. Anda menghabiskan waktu untuk merenungkan dan bertindak berdasarkan perasaan.

Anda terampil dalam musik, seni, dan disiplin kreatif lainnya.

Anda tidak membuat daftar tugas dan tidak mengikuti buku peraturan. Anda memecahkan masalah secara intuitif.

Anda memiliki impian untuk hidup daripada tujuan dan Anda berusaha keras untuk mencapai impian itu, seringkali berhasil.

Ingatlah bahwa 2 belahan otak tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan bekerja bersama dan saling melengkapi. Jadi, meskipun Anda tampaknya memiliki lebih banyak sifat yang dapat diidentifikasi dengan salah satu belahan, Anda pasti juga memiliki sifat dari belahan lainnya. 

Semoga dengan mengetahui kerja otak mana yang lebih dominan, kita dapat memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki untuk dapat memberikan manfaat dalam kehidupan diri sendiri, sekitar dan masyarakat luas. 

referensi : Brightside.me