Kemah Bakti Literasi Di Kecamatan Petak Malai Di Gelar Kembali

www.tumbangbaraoi.com - Setelah sempat terhenti selama dua tahun karena terhalang pandemi, Taman Baca Baraoi Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) berencana melanjutkan kembali kegiatan Kemah Bakti Literasi di Desa Tumbang Baraoi, kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. 

Kemah bakti Literasi Petak Malai
Kemah Bakti Literasi tahun 2019

Kemah Bakti Literasi pertama di bumi "Penyang Hinje Simpei" ini pertama kali digelar pada 25-27 Agustus tahun 2019 silam di Lapangan Buluh Merindu, Desa Tumbang Baraoi dan diikuti 35 peserta perwakilan anak usia sekolah dasar di Kecamatan Petak Malai. Sayangnya kegiatan yang digadang sebagai even tahunan ini tidak dapat dilanjutkan pada tahun 2020 dan 2021 karena masifnya penularan wabah covid-19. Padahal perhelatan seperti ini sangat penting terutama bagi anak-anak di pelosok yang masih sangat jarang mendapatkan kesempatan karena keterbatasan. 

Kemah Bakti Literasi 2022
Dokumentasi Kemah bakti literasi tahun 2019

Sesuai nama kegiatannya, Kemah Bakti Literasi tidak hanya memberikan pengalaman edukatif untuk membentuk generasi literat tetapi juga membentuk kepribadian anak-anak melalui aktivitas bakti sosial seperti aksi pungut sampah dan tanam pohon. Dengan demikian harapannya kedepan bangsa ini tidak hanya dapat mencetak generasi yang cerdas tetapi juga memiliki karakter yang unggul. 

Tidak jauh berbeda dengan dua tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan yang akan di selenggarakan dalam perkemahan nantinya juga antara lain Lomba Cerdas Cermat, Aksi Bakti Sosial Tanam Pohon, Lomba Kesenian Daerah, Api Unggun, Lomba Yel-yel, Pameran Foto dan Nonton bareng. Tentunya akan ada banyak pengalaman baru dan seru yang akan didapatkan peserta.

Perkemahan yang di rencanakan digelar selama tiga hari yakni dari tanggal 22 sampai dengan 24 Agustus 2022 tersebut akan menggunakan lokasi "Camping Ground" Taman Suluh Pambelum yakni sebuah kawasan yang sedang dirintis oleh Bambo Foundation untuk dikembangkan menjadi Taman Biodiversitas. 

Estimasi sementara  kegiatan ini memerlukan dana sekitar Rp 14.277.000,- (Empat Belas Juta Dua Ratus Tujuh Puluh Tujuh Ribu)  rupiah. Dana ini akan digunakan terutama untuk keperluan konsumsi, Tenda, dan hadiah lomba, serta bantuan subsidi biaya transport. Bagi mereka yang terbiasa mengikuti perkemahan di kota atau daerah maju, tenda dan konsumsi tentu menjadi tanggung jawab peserta namun untuk daerah hulu dimana sebagian besar anak-anak tidak pernah mengikuti kegiatan camping hal ini masih sangat asing. Terlebih peserta kali ini masih anak-anak usia sekolah dasar, maka panitia mempertimbangkan untuk mempersiapkan keperluan tenda dan konsumsi. Sisi positifnya dengan demikian peserta juga dapat lebih fokus dan dapat mengikuti semua kegiatan dengan lebih optimal. 

Sumber dana yang diharapkan untuk mendukung kegiatan ini antara lain bersumber dari sumbangan sukarela masyarakat, stand amal usaha dana, proposal, sponsorship dan bantuan lain yang sifatnya tidak mengikat. 

Bagi donatur yang ingin berdonasi dapat menyalurkannya via  BRI 7128-01-013147-53-3 a.n YAYASAN BARAOI MUTIARA BORNEO. Untuk pertanyaan dan informasi dapat menghubungi:  082255313036