Kemah Bakti Literasi Se Kecamatan Petak Malai Tahun 2022

www.tumbangbaraoi.com - Dibuka oleh Bapak Hardiansyah, S.Pd , selaku Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Petak Malai, sebanyak empat tim perwakilan peserta Kemah Bakti Literasi se Kecamatan Petak Malai tahun 2022 akhirnya berhasil menuntaskan kegiatan yang digelar sejak Senin hingga Rabu (22-24 Agustus 2022). Kendati hanya diisi oleh empat tim, seluruh susunan acara inti tetap terselenggara dengan lancar dan penuh kesan. 

Kemah Bakti Literasi Se Kecamatan Petak Malai tahun 2022

Adapun kegiatan utama perkemahan yang dihelat di Camping Ground Taman Suluh Pambelum antara lain Lomba-lomba meliputi Cerdas Cermat, Lomba Menyanyi Lagu Wajib, Lomba Membaca Teks UUD 1945, dan Lomba Yel-Yel. Kegiatan lain yang juga tidak kalah penting untuk menambah wawasan peserta selama perkemahan ialah aktivitas "Belajar di Alam Terbuka atau yang biasa dikenal dengan istilah Outdoor Class dan Sosialisasi Kesehatan. 

Lomba Cerdas Cermat Bambo Foundation

Untuk dapat merasakan suasana camping sesungguhnya  peserta Kemah Bakti Literasi  yang merupakan anak-anak usia sekolah dasar (SD) juga dipersyaratkan menginap meski hanya menggunakan tenda sederhana dari terpal. Suasana sektiar Camping Ground yang alami turut menciptakan suasana hutan yang semakin tampak nyata. 

Outdoor Class


Karena peserta "wajib" bermalam, maka aktivitas perkemahan malam hari juga telah dijadwalkan oleh panitia, misalnya saja seperti kegiatan nonton bareng dan api unggun. Kegiatan menonton film edukatif dan malam api unggun ini adalah salah satu hal yang paling dinantikan peserta untuk kegiatan malam hari.

Foto Api Unggun Kemah Bakti Literasi
Mengisi kegiatan pagi hari peserta juga diarahkan untuk olahraga dengan melakukan senam bersama. Kegiatan senam pagi ini juga titik awal aktivitas peserta memulai hari yang baru sebelum melakukan rutinitas pagi yakni mandi dan makan. 

Selaras dengan nama kegiatan yakni "Kemah Bakti Literasi", gelaran even tahunan yang dirintis pertama kali pada tahun 2019 oleh Taman Baca Baraoi Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) ini tidak hanya menitik beratkan pada peningkatan kemampuan literasi tetapi juga karakter. Salah satunya sikap peduli dan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan. Oleh karena itu setiap kegiatan Kemah Bakti Literasi selalu ada kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Lingkungan seperti "bersih-bersih" sampah dan menanam pohon.

Kemah Bakti Literasi Tanam Pohon

Penutupan Kegiatan Kemah bakti literasi

Kegiatan Kemah Bakti Literasi ditutup dengan penyerahan hadiah dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba dan sekolah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan. 

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya Kemah Bakti Literasi se Kecamatan Petak Malai tahun 2022 ini. Terimakasih kepada Camat Petak Malai, PGRI Petak Malai, Puskesmas Tumbang Baraoi, SMAN 1 Petak Malai, SMPN Satap 3 Sanaman Mantikei, SDN Tumbang Jala, SDN 1 Tumbang Baraoi, Babinsa Kecamatan Petak Malai, Panitia Pelaksana, seluruh donatur dan masyarakat yang tidak tersebutkan satu per satu. 

Mari bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama mendukung pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di daerah hulu khususnya dalam hal literasi di kesampatan yang akan datang. Salam Literasi!.