Menggelar Buku Di Dusun Terjauh Di Kecamatan Petak Malai

www.tumbangbaraoi.com - Setelah menempuh perjalanan kurang lebih empat jam dari Desa Tumbang Baraoi, Tim Perpustakaan Keliling "Manalih Lewu" Taman Baca Baraoi akhirnya tiba di dusun terjauh di Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. 

Manalih lewu Dusun Jamparan

Setelah "melapor" ke aparat dusun dan masyarakat kamipun memulai kegiatan, menggelar buku dan mendampingi anak-anak membaca di bangunan sederhana. Bangunan beratapkan seng dan masih beralaskan tanah ini adalah bangunan sementara sekolah terintegrasi SDN Tumbang Tangoi yang berada di dusun Jamparan Raya.

membaca

Jamparan Raya merupakan dusun ke dua di Kecamatan Petak Malai yang berada di wilayah Desa Tumbang Tangoi dengan jumlah kepala keluarga kurang lebih 60 -an. Dusun ini resmi dibentuk pada tahun 2022 lalu dan merupakan "pintu masuk" ke objek wisata Riam Jarawi yang baru-baru ini di jajal oleh Bupati Katingan beserta rombongan.

Taman baca Baraoi

Belasan anak yang datang tampak antusias melihat beragam jenis buku yang kami bawa. Anak-anak yang sudah cukup fasih membaca memilih buku-buku bertema dongeng atau ensiklopedia. Sedangkan yang belum mahir memilih buku bergambar menarik untuk dilihat atau meminta relawan membantu membacakannya. 

Gelar buku

Meski merupakan dusun baru dengan jumlah anak-anak yang masih relatif sedikit, kami sangat senang bisa berkunjung dan berbagi kebersamaan berbagi buku bacaan. Bahkan salah satu anak cukup memukau kami dengan kemampuan membaca dongeng yang menurut kami luar biasa untuk anak di pedalaman. Anak yang masih duduk di kelas dua ini selain relatif lancar membaca juga dapat membaca dongeng dengan intonasi dan penghayatan yang baik, padahal di daerah pelosok kebanyakan anak-anak seusianya masih terbata-bata dalam merangkai huruf saat membaca. 

Gelar buku taman baca baraoi

Taman Baca Baraoi Katingan

Sambutan hangat warga dan aparat dusun juga menjadi catatan khusus buat kami. Beberapa warga dengan tulus menawarkan tempat menginap meskipun pada akhirnya kami memutuskan untuk kembali se usai kegiatan karena ada keperluan lain keesokan harinya. 

Sekolah Integrasi Dusun Jamparan Raya

Kegiatan menggelar buku atau lapak baca ke desa-desa di Pedalaman Kalimantan Tengah di Kecamatan Petak Malai adalah salah satu program Taman Baca Baraoi yang mulai diinisasi sejak tahun 2016. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan akses buku bacaan bagi anak-anak yang belum dapat berkunjung langsung ke taman baca karena jarak dan keterbatasan akses jalan. Dengan adanya kegiatan ini harapannya Taman Baca Baraoi dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam menyediakan akses buku bacaan dalam rangka membantu pemerintah menumbuhkan gerakan gemar membaca dan peningkatan kualitas pendidikan khususnya bidang literasi.