Kemah Komunitas Literasi Se Kalteng

www.tumbangbaraoi.com -  Hari ini Rabu, 21 Juni 2023 untuk pertama kalinya Taman Baca Baraoi bisa bertemu dan bertatap muka dengan pegiat literasi  lainnya se Kalteng. Adapun kesempatan langka ini terwujud lantaran pegiat literasi dari berbagi kabupaten ini sama-sama mengikuti kegiatan Kemah Komunitas Literasi "Pemberdayaan Komunitas Literasi di Masyarakat" yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.
Kemah Komunitas Literasi 2023

Bertempat di Aula Sungkai Putra Kahayan Hotel, sekitar 20-an perwakilan komunitas literasi ini tampak bersemangat dan antusias meski beberapa di antaranya baru saja tiba dari perjalanan panjang ke ibu kota provinsi. Bahkan masih ada beberapa pegiat literasi yang masih dalam perjalanan karena jarak tempuh yang sangat jauh. 

Sekira pukul 14.45 WIB kegiatan Kemah Komunitas Literasi "Pemberdayaan Komunitas Literasi di Masyarakat" resmi dibuka oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang diselingi dengan kegiatan sharing, dan tanya jawab. 

Seluruh peserta Pegiat Literasi yang mewakili komunitas literasi dari masing-masing kabupaten ini masih akan terus mendapatkan banyak wawasan, pengalaman dan informasi hingga Sabtu, 24 Juni 2023 nanti. 

Kegiatan pembinaan seperti ini adalah salah satu upaya pemerintah khususnya melalui Balai Bahasa untuk mendongkrak literasi tanah air. Tidak bisa dipungkiri, selama ini Kalimantan Tengah memang tertinggal dalam hal geliat literasi maupun pendataan jumlah komunitas literasi di Bumi Tambun Bungai. Bahkan, pada tahun 2017-2018 ketika gerakan Free Cargo Literasi begitu gencar, data  Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) Kalteng hanya memiliki 6 komunitas literasi. 

Oleh karena itu, pembinaan seperti yang dilakukan oleh Balai Bahasa ini adalah ibarat oasis di tengah gurun yang diharapkan dapat membawa angin segar bagi literasi di Kalimantan Tengah. Semoga kegiatan seperti ini tidak hanya terhenti sampai di sini, namun dapat terus berkesinambungan sehingga dapat memberikan dampak signifikan bagi pendidikan di provinsi ini khususunya, dan Indonesia pada umumnya.