Pembuatan Perahu Perpustakaan Keliling "Manalih Lewu"

www.tumbangbaraoi.com - Tahun 2023 ini Taman Baca Baraoi, Yayasan Baraoi Mutiara Borneo kembali menggagas pembuatan perahu motor baru untuk kegiatan Perpustakaan Keliling "Manalih Lewu". Pasalnya kondisi perahu perpustakan keliling ke dua yang sudah rusak parah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan. Perahu motor perpusling ke dua ini dibuat pada tahun 2020 menggunakan bantuan dari gubernur Kalimantan Tengah.

Perahu Perpustakaan Keliling Manalih Lewu


Taman Baca di Kalimantan Tengah
Perahu Motor Perpustakaan Keliling Pertama tahun 2016

Kegiatan Perpustakaan Keliling "Manalih Lewu" adalah salah satu program prioritas Taman Baca Baraoi sejak tahun 2016. Serupa dengan perpustakaan keliling pada umumnya, Manalih Lewu juga mengantarkan akses buku bacaan ke anak-anak yang tidak bisa mengakses langsung taman baca. Namun yang membedakan dari perpusling ini adalah tujuannya yaitu anak-anak di pedalaman Kalimantan Tengah, khususnya desa-desa dan dusun di wilayah Kecamatan Petak Malai. Selain itu tidak hanya sebatas menyediakana akses buku, perpusling ini juga menggelar beragam kegiatan edukatif seperti mendongeng,  berlatih seni melipat kertas, kelas kilat dan beberapa aktivitas edukatif lainnya.

Perpustakaan Pakai Perahu
Perahu Motor Perpusling kedua tahun 2020

Akses jalan darat penghubung antar desa yang masih sulit dan mahalnya biaya operasional kendaraan darat menjadi salah satu alasan Taman Baca Baraoi memilih perahu motor sebagai transportasi utama. Kendati opsi ini bukan tanpa resiko, namun setidaknya kendaraan operasional berupa perahu motor relatif lebih bisa dijangkau dibanding membeli kendaraan operasional darat seperti motor atau mobil yang sesuai dengan medan jalan di pedalaman. 

Perahu Perputakaan Keliling di Pedalaman
Pembuatan Perahu Perputakaan Keliling Manalih Lewu 2023

Sayangnya satu-satunya perahu motor untuk kegiatan perpustakaan keliling "Manalih Lewu" ini sudah tidak dapat digunakan lagi. Sehingga agar program ini  dapat tetap berjalan maka perlu pengadaaan perahu motor baru yang dapat menunjang aktivitas ini. 

Adapun biaya pembuatan perahu motor baru kapasitas sekitar 5-6 penumpang membutuhkan biaya sekitar 4-5 juta rupiah tergantung pada bahan dan tipe pesanan. Nilai ini belum termasuk harga motor atau mesin penggeraknya. Namun untuk sementara ini, motor penggerak bertenaga 10 HP yang kami beli tahun 2015 masih dapat digunakan sementara belum dapat membeli yang baru. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan segera adalah pembuatan badan perahu. 

manalih lewu

perpustakaan keliling

manalih lewu
Beberapa dokumentasi kegiatan Perpustakaan Keliling
Manalih Lewu

Ahamdulillah, beberapa minggu lalu kami bisa mengumpulkan dana secara swadaya patungan pengurus dan relawan guna membayar uang muka pembuatan perahu, sebesar 2 juta rupiah. Untuk itu kami masih harus membayar sisanya setelah perahu selesai. Kami berharap ada lebih banyak donatur dan orang baik yang bersedia membantu biaya pembuatan perahu motor ini mengingat ada ratusan anak yang menanti kami untuk tetap membawakan buku-buku bacaan ke desa-desa mereka. 

Semoga proses pembuatan perahu motor ini lancar, dan apa yang kita lakukan  mendapatkan nilai dan ganjaran yang baik di sisi Allah, SWT. Aamiin.