Kegiatan Manalih Lewu Tumbang Papi 23 Juli 2023

www.tumbangbaraoi.com - Dengan selesainya pembuatan perahu motor atau alkon kami maka program Perpustakaan Keliling (Manalih Lewu) yang menjadi salah satu program utama Taman Baca Baraoi otomatis kembali digiatkan. 

Untuk pertama kalinya sekaligus untuk uji coba perahu motor baru, Taman Baca Baraoi bersama 5 relawan menyapa dan mengunjungi adik-adik di Dusun Tumbang Papi, Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, pada Minggu, 23 Juli 2023 lalu.

Seperti biasanya selain menyediakan buku dan menggelar lapak baca para relawan yang ikut selain secara aktif menemani adik-adik yang datang untuk membaca juga membantu membimbing adik-adik yang masih belum lancar membaca dan mendongeng untuk yang masih usia pra sekolah. 

Karena masih berstatus dusun, Tumbang Papi terbilang masih pemukiman yang kecil yang hanya di diami pemukim kurang lebih 50 kepala keluarga. Dengan jumlah tersebut, maka otomatis jumlah anak-anak usia sekolahnya pun juga hanya belasan orang. Bahkan tercatat total siswa sekolah dasarnya untuk satu sekolah hanya sekitar 12 orang. 

Oleh karena itu dalam kegiatan Manalih Lewu kali ini jumlah anak-anak yang hadir hanya sekitar 15 orang termasuk usia pra sekolah. Namun demikian, sebagai calon generasi penerus masa depan, anak-anak ini tentu tetap memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak salah satunya adalah hak memperoleh akses buku bacaan yang berkualitas. 

Seteleh menggelar kegiatan kurang lebih selama tiga jam termasuk kegiatan games dan pemberian "dorprize" kecil-kecilan untuk peserta yang hadir kami pun mengakhiri Manalih Lewu dengan kembali ke Desa Tumbang Baraoi.