Kunjungan Rutin Ke Batu Tukan Bawa Buku Bacaan

www.tumbangbaraoi.com - Setelah untuk pertama kalinya perahu motor kami yang baru membawa beberapa relawan dan tentunya buku bacaan ke Dusun Tumbang Papi Minggu 23 Juli 2023 lalu, maka kali ini Sabtu, 29 Juli 2023 kami bergerak ke hulu mendatangi salah satu dari dua desa di Kecamatan Petak Malai yang berada di jalur Sungai Baraoi yakni Desa Batu Tukan. 

Taman Baca Baraoi

Desa Batu Tukan adalah salah satu desa yang menjadi tujuan rutin kami sejak 2017 untuk menggelar program Manalih Lewu atau  perpustakaan keliling. Kesan yang baik, antusias anak-anak dan keramahan warganya selalu membuat kami betah berkegiatan dan menggelar lapak baca di kampung ini. Tak heran, setelah kami bisa membuat perahu motor lagi, maka desa inilah yang pertama kami kunjungi.
Taman Baca Baraoi

Seperti biasanya kami menggelar buku dan berkegiatan di sekitar kediaman keluarga Pak Sudirmanto. Selain karena sambutan yang hangat, keluarga ini juga sangat peduli dengan pendidikan khususnya minat baca. Terbukti, setidaknya tiga anak beliau pernah menjadi pengelola "kantong buku" dan aktif sebagai relawan. Kebtulan persis di depan rumah beliau ini juga ada area  terbuka dan pepohonan rindang yang pas sekali untuk menggelar buku. 
Taman Bacaan Masyarakat di Katingan

Aktivitas Tbm baraoi petak malai kalteng

Antusiasme anak-anak masih tetap luar biasa. Kedatangan kami langsung diserbu ketika beberapa anak memberitahukan kepada rekan-rekannya. Bahkan beberapa anak tampak tidak sabar dan masih mengenakan seragam pramuka karena alih-alih pulang kerumah justru ia langsung bergegas ke lapak baca. 
Relawan Taman Baca Baraoi
Usai kegiatan membaca, tim relawan menggelar beberapa permainan kelompok. Permainan ini semakin semarak karena tidak hanya di tonton oleh anak-anak lain tetapi juga orang tua mereka. Alhasil tingkah polah mereka yang ekspresif tidak jarang mengundang gelak tawa bagi para penonton. 

Sebelum pulang tim relawan membagikan beberapa dorprise kecil dan snack kepada adik-adik yang hadir sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi mereka untuk tetap semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan seperti ini berikutnya.